loading...

Thursday, January 28, 2016

Alumnus UNP: Gamawan Fauzi

Alumnus UNP: Gamawan Fauzi
gamawan fauzi

Dr. H. Gamawan Fauzi, S.H., M.M., (lahir di Solok, Sumatera Barat, 9 November 1957; umur 58 tahun) adalah Menteri Dalam Negeri Indonesia sejak 22 Oktober 2009 hingga 20 Oktober 2014. Sebelumnya ia menjabat sebagai Gubernur Sumatera Barat sejak 15 Agustus 2005 hingga 22 Oktober 2009. Di Mendagri Gamawan Fauzi Raih Penghargaan Perhumas Gamawan fauzi dikenal dengan konsep Good, Clean and Efficient Governance-nya. Ia juga penerima Bung Hatta Award atas keberhasilannya memerangi korupsi pada saat menjadi bupati di kabupaten Solok.

Gamawan kini populer sebagai pelaksana utama program e-KTP di Indonesia.Selain itu, juga sukses menyelesaikan UU Keistimewaan Yogyakarta pada 2012. Gamawan mengklaim pencapaian target penyelesaian KTP elektronik telah melampaui kinerja pengerjaan e-KTP di negara-negara maju seperti Jerman atau Amerika Serikat.

Peraih doctor honoris causa dari Universitas Negeri Padang (UNP) 2011, alumnus Magister manajemenUNP, S-1 Fakultas Hukum Universitas Andalas (Unand) dan S-3 Ilmu Pemerintahan Institut Pemerintahan Dalam Negeri.  ini mengawali karier dari Staf Kantor Ditsospol Pemprov Pemprov Sumbar dan sekretaris pribadi Gubernur Sumbar.

Gamawan banyak menerima penghargaan, seperti Bintang Mahaputra Utama (2009), Charta Politika Award 2010 untuk kategori pimpinan kementerian/lembaga pemerintah nonkementerian berpengaruh di media tahun 2010, dan Anugerah Perhumas Indonesia atas kontribusinya yang besar bagi dunia kehumasan pada 2012.

Menarik untuk Dibaca

loading...