loading...

Friday, February 12, 2016

Mengenal Lebih Dekat GIBEI FE UNP

Mengenal Lebih Dekat GIBEI FE UNP

Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia  Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang  atau yang disingkat GIBEI FE UNP ini didirikan pada tahun 2010. Organisasi ini berlokasi di lantai 1 Fakultas Ekonomi. Pada saat itu, GIBEI FE UNP sudah terdapat aktifitas jual beli saham di kalangan mahasiswa UNP tetapi belum menggunakan sistem online trading. Dengan berkembangnya sistem perdagangan saham menjadi online trading, Bursa Efek Indonesia (BEI) menghimbau agar seluruh perguruan tinggi di Indonesia memiliki Pojok BEI berbentuk 3 in 1. Istilah 3 in 1 adalah kerjasama antara perguruan tinggi, bursa efek, dan perusahaan sekuritas yang memiliki sistem online trading dalam aktifitas jual beli saham.

Organisasi yang berupa Unit Kegiatan Kampus Fakultas (UKM-F) khusus untuk mahasiswa Fakultas Ekonomi saja. Saat ini terdapat 35 orang yang tergabung di organisasi yang ditempatkan di 4 departemen yang berbeda. Organisasi ini juga telah mendapatkan prediket 'Silver' dari Bursa Efek Indonesia dalam hal Penciptaan Investor Baru. Selain itu anggotanya pun berprestasi juga dari tingkat provinsi sampai nasional.

Pendirian GIBEI FE UNP secara umum bertujuan untuk mengenalkan pasar modal sejak dini kepada mahasiswa, dosen, karyawan, serta masyarakat umum. Dengan didirikannya GIBEI FE UNP mahasiswa dan dosen diharapkan tidak hanya mengenal pasar modal dari sisi teori saja akan tetapi dapat melakukan praktek secara langsung melalui fasilitas online trading.

Pihak di luar UNP (masyarakat umum) juga dapat menggunakan fasilitas ini untuk bertransaksi saham. Program ini diharapkan dapat membantu mencetak para investor yang cerdas dan bijak dalam berinvestasi serta melahirkan sumber daya manusia yang siap berkarir di dunia pasar modal.

GIBEI UNP, kerjasama antara BEI, Universitas Negeri Padang, PT Panin Sekuritas. Pendirian Pojok BEI UNP dimaksudkan untuk mengenalkan Pasar Modal sejak dini dalam dunia akademis. Saat ini pendirian GIBEI berkonsep 3 in 1 (kerjasama antara BEI, Universitas dan Perusahaan Sekuritas) sehingga diharapkan civitas akademika tidak hanya mengenal Pasar Modal dari sisi teori saja akan tetapi dapat langsung melakukan prakteknya.

Sasaran GIBEI sebagai langkah untuk menjangkau kelompok yang berpendidikan agar dapat lebih memahami dan mengenal pasar modal. Pendirian GIBEI ini merupakan salah satu hasil kerjasama Bursa Efek Indonesia dengan Perguruan Tinggi untuk membantu kelompok akademisi (mahasiswa & dosen) mendapatkan dan menyebarkan informasi pasar modal.

GIBEI berisi semua publikasi dan bahan cetakan mengenai pasar modal yang diterbitkan oleh Bursa Efek Indonesia termasuk peraturan dan Undang-Undang Pasar Modal. Informasi dan data BEI dapat digunakan oleh civitas akademika untuk tujuan akademik, bukan untuk tujuan komersial bagi transaksi jual beli saham.

Dengan adanya kerjasama ini diharapkan dapat saling menguntungkan sehingga penyebaran informasi pasar modal tepat sasaran serta dapat memberikan manfaat yang optimal baik bagi mahasiswa, praktisi ekonomi, investor, pengamat pasar modal maupun masyarakat umum di daerah dan sekitarnya baik untuk kepentingan sosialisasi dan pendidikan/edukasi pasar modal maupun untuk kepentingan ekonomis.

Pelayanan di Galeri Investasi BEI FE UNP

1. Online Trading

Dengan online trading, transaksi jual beli saham dapat dilakukan dimana saja selama komputer atau laptop terhubung dengan jaringan internet.
Persyaratan melakukan online trading:
• Mengisi aplikasi pembukaan rekening efek (disertai fotokopi KTP yang masih berlaku dan NPWP, jika ada)
• Menyerahkan dana sebagai modal awal investasi saham ke Bank rekanan Panin Sekuritas. Modal awal online trading hanya sebesar Rp 100.000 (seratus ribu rupiah)
• Menyerahkan bukti setoran/bukti transfer dari bank
• Menerima persetujuan pembukaan rekening dari pihak sekuritas
• Melakukan instalasi software PANS (dapat dibantu oleh GIBEI FE UNP)
• Memasukkan username dan password yang telah diberikan untuk login 

2. Informasi dan Data

Pojok BEI UNP menyediakan data dalam bentuk softcopy dan hardcopy seperti harga saham, laporan keuangan, dan lain-lain. Selain itu juga tersedia koleksi referensi dan sumber pustaka keuangan.

3. Edukasi

GIBEI FE UNP juga memberikan edukasi tentang pasar modal kepada mahasiswa UNP, calon investor, investor, dan masyarakat umum melalui seminar, pelatihan, kelompok studi, diskusi, dan lain-lain.


Anda berminat menjadi investor di pasar modal ? Atau ingin menjadi bagian dari organisasi keren ini ?

Informasi dan Pelayanan

Ruang Galeri Investasi BEI FE UNP – Universitas Negeri Padang (Lt.1) Kampus Fakultas Ekonomi UNP
Jln.Prof.dr.Hamka Air Tawar .Padang 25171
Website: www.gibeiunp.com
E-Mail : gibeifeunp@gmail.com
Contact Person: 085925967472/082389212881 

Menarik untuk Dibaca

loading...