loading...

Tuesday, February 2, 2016

UNP Sediakan 2.330 Kursi SNMPTN 2016

UNP Sediakan 2.330 Kursi SNMPTN 2016
logo unp


Univ­ersitas Negeri Padang (UNP) siap tampung 40 persen atau 2.330 mahasiswa melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Per­guru­an Tinggi Negeri (SNM­PTN) tahun ini. Daya tampung ini jauh lebih besar dari daya tampung SBMPTN dan jalur mandiri yang hanya 30 persen dari daya tampung UNP tahun ini.

Wakil Rektor I UNP Agus Irianto saat bertemu dengan awak media di ruang per­temu­an Rektorat UNP Senin (25/1) siang mengatakan, pelak­sanaan SNMPTN tahun ini, UNP menyediakan kuota yang lebih besar dibanding daya tampung jalur lainnya. Setidak­nya ada 2.330 kursi yang nan­tin­ya dapat diperebutkan calon mahasiswa baru melalui jalur SNMPTN ini.

“SNMPTN siswa tidak me­lalui proses tes, akan tetapi melalui pemeringkatan. Di­mana tata cara tahun ini cukup berbeda dengan tahun lalu tata caranya. Perubahannya tidak terlalu signifikan kok,” ujarnya.

Perubahannya kata WR I terletak pada siswa yang men­daftar. Dimana tahun lalu seluruh siswa diberikan ke­sempatan untuk ikut bersaing dalam SNMPTN, namun ta­hun ini dibatasi. Dimana, se­kolah dengan aktreditasi A diberikan kuota 75 persen dari siswa terbaiknya untuk ikut dalam seleksi SNMPTN. Se­kolah dengan akreditasi B diberi kuota 50 persen, dan sekolah dengan akreditasi C diberi kuota 20 persen dari siswa terbaiknya.

“Untuk sekolah yang tidak terakteditasi jangan cemas, ka­rena UNP masih mem­beri­kan kuota 10 persen bagi siswa terbaik­nya untuk ikut bersaing dalam SNMPTN tahun ini,” ungkapnya.

Proses pendaftaran itu dilakukan oleh kepala sekolah dengan mengisi Pangkal Data Sekolah dan Siswa (PDSS).

“Pengisian PDSS sudah bisa dilakukan dari 18 Januari hingga 20 Februari 2016. Untuk verifikasi data itu di­lakukan siswa dengan kepala sekolah,” ungkapnya.

Dilanjutkan WR I, khusus untuk Sekolah Menengah Ke­juru­an (SMK) tidak di­benar­kan untuk mengambil jurusan yang tidak linier. Hal ini dikarenakan SNMPTN tahun ini sangat mengutamakan kualitas.

“Jadi tidak ada lagi siswa yang jurusan elektro mengam­bil bahasa. Ini tentu tidak linier,” ujarnya. Pendaftaran SNMPTN ta­hun 2016 ini juga bebas biaya pendaftaran. Calon mahasiswa tidak perlu mengeluarkan uang untuk ikut seleksi tersebut.

Dalam proses pemilihan program studi, setiap maha­siswa bisa mengambil tiga program studi dimana satu diantaranya harus diambil di PTN negeri asal siswa tersebut. Sementara bagi siswa yang hanya mengambil satu pro­gram studi boleh di PTN mana saja.

“Bagi yang berdomisili di Padang pilihannya tentu harus UNP,” tuturnya sembari me­lempar senyum.

Menarik untuk Dibaca

loading...