loading...

Wednesday, March 16, 2016

Program Pertukaran Pemuda Antar Negara 2016

http://2.bp.blogspot.com/-vRC_vtjKHdc/VXEdhjSBaEI/AAAAAAAAENA/HJX55DO74ag/s1600/
kemenpora

Mempersiapkan pemuda berwawasan internasional, Pemerintahan Provinsi (Pemprov) Sumatra Barat (Sumbar) memberikan kesempatan kepada pemuda mengikuti program Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) 2016. Program tahunan ini diadakan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Republik Indonesia.

Pemprov Sumbar melaksanakan seleksi calon peserta PPAN utusan Provinsi Sumbar dengan lima sasaran program, yaitu Program Kapal Pemuda ASEAN-Jepang, Program Pertukaran Pemuda Indonesia-Malaysia, Program Pertukaran Pemuda Indonesia-Korea Selatan, Program Pertukaran Pemuda Indonesia-Tiongkok, dan Program Pertukaran Pemuda Indonesia-India (PPII).

Adapun kriteria umum dan persyaratan peserta, yaitu Warga Negara Indonesia beriman dan bertakwa, berkepribadian Indonesia, memiliki akses yang baik di bidang kepemudaan, usia 18-30 tahun, sehat jasmani, rohani, dan sosial, pendidikan minimal tamatan SMA, belum menikah, mampu berkomunikasi dalam bahasa Inggris, baik lisan maupun tulisan dan belum pernah mengikuti program pertukaran pemuda dengan luar negeri yang dilaksanakan oleh Kemenpora serta memiliki keterampilan seni dan budaya.

Selain itu, mahasiswa harus mengikuti seleksi sesuai daerah domisili. Kelengkapan administrasi untuk persyaratan mendaftar mengikuti seleksi, yaitu mendapatkan rekomendasi instansi pemerintah, perguruan tinggi, organisasi kepemudaan, yayasan lembaga pemdidikan dan LSM, foto kopi KTP satu lembar, foto kopi akte kelahiran satu lembar, foto kopi salah satu dari TOEFL dan TOEIC satu lembar, pas foto 2x3 dan 4x6 berwarna masing-masing tiga lembar dan latar belakang putih, serta mengisi format curricullum vitae.

Pendaftaran kelengkapan administrasi dilaksanakan pada 1 Maret-11 April 2016 melalui surat lewat alamat Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sumbar Bidang Pemberdayaan Pemuda, Jalan Rasuna Said nomor 74 Padang atau email disporasumbarprov@gmail.com.

Pendaftaran ulang bagi calon peserta yang lulus seleksi administrasi diadakan pada 14-15 April 2016, pukul 09.00-16.00 WIB, dan tempat Jalan Rasuna Said nomor 74 Padang.  Sementara, untuk seleksi tertulis diadakan pada 16 April 2016. Lebih lanjut, seleksi wawancara dan penampilan seni budaya diikuti oleh calon peserta yang nominasi jumlah 30 orang pada 22-25 April 2016. Keduanya akan diadakan di Gedung Pramuka Jalan Pramuka Raya nomor 12 Padang.

Bagi peserta yang lulus seleksi di provinsi diharuskan mengikuti pembekalan di provinsi. Kegiatan akan dilaksanakan Dispora dengan Purna Caraka Muda Indonesia dengan jadwal belum ditentukan.

Pembiayaan berasal dari Kemenpora, Dispora Provinsi Sumbar, calon peserta yang bersangkutan, dan bantuan yang tidak mengikat dari pihak lain. Untuk informasi lebih lanjut bisa dilihat di situs www.sumbarprov.go.id.



sumber: http://www.ganto.or.id/berita/2070/penerimaan-peserta-program-ppan-2016.html

Menarik untuk Dibaca

loading...