loading...

Thursday, March 3, 2016

Shelter Tsunami di UNP

shelter tsunami di unp
UNP



Gempa yang dirasakan kemaren (2/3) membuat masyarakat yang berada di kota Padang dalam kondisi panik, terutama masyrakat yang berada di sekitar UNP yang tinggal bertepatan di pinggir pantai lantas membuat masyarakat kalang kabut karena panik sekali. Apabila terjadi gempa yang berpotensi tsunami memang lebih baiknya mencari perbukitan yang tinggi atau mencari gedung yang tinggi untuk menghindari potensi tsunami.

UNP yang terletak pada zona merah baik itu dari jalur gempa bumi maupun ancaman tsunami, menjadi perhatian khusus dari beberapa pengamat. Untuk mengurangi banyaknya korban jika bencana besar itu datang, beberapa bangunan di UNP pun disulap menjadi gedung yang sekaligus shelter guna memfasilitasi evakuasi saat terjadi bencana. Beberapa bangunan tersebut ialah gedung Fakultas Ilmu Pendidikan, gedung Fakultas Ekonomi, Masjid Al Azhar, gedung Program Pascasarjana, Pustaka UNP, Labor Microteaching, Labor Fisika, Biologi, dan Kimia, Labor Fakultas Ilmu Pendidikan, serta gedung Fakultas Bahasa dan Seni.


http://4.bp.blogspot.com/-ZuWdakjVS7Y/UZOjy2yt2iI/AAAAAAAAAGo/CYCq4_swJWo/s1600/
titik shelter yang ada di UNP sumber: ilprodogumeda.blogspot.co.id

UNP pun mulai menerapkan model siaga bencana berbasis kelas di tiap fakultas beranggotakan sekitar 50 mahasiswa. Gugus itu tersebar di UNP seperti gugus siaga bencana FIP, gugus siaga bencana FE, gugus siaga bencana FIS, gugus siaga bencana FIK, gugus siaga bencana FBS, gugus siaga bencana FT, gugus siaga bencana Pustaka UNP, gugus siaga bencana BAAK/BAUK/BAPSI, dan gugus siaga bencana FMIPA. Setelah itu tiap-tiap fakultas membentuk klaster bencana, berdasarkan jurusan yang ada. Evakuasi dilakukan berdasarkan shelter yang tersedia ditiap-tiap fakultas.  Dengan begitu civitas UNP semakin siap menghadapi bencana.

Menarik untuk Dibaca

loading...