loading...

Saturday, April 23, 2016

Program Guru Garis Depan 2016 Akan Dibuka dan Kuota Ditambah

Program Guru Garis Depan (GGD) 2016 Akan Dibuka dan Kuota Ditambah

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) membutuhkan tenaga guru dalam jumlah besar. Pada rekrutmen CPNS tahun ini, kuota yang dibutuhan sebanyak 7.000 orang.

"Tahun 2016, kami butuh 7.000 guru yang ditempatkan di garis depan‎. Guru garis depan (GGD) ini menjadi prioritas karena Presiden Jokowi menekankan pendidikan di daerah-daerah pinggiran yang sulit dijangkau dengan fasilitas pendidikan," terang Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kemdikbud Sumarna Surapranata kepada JPNN, Rabu (20/4).

Karena ditempatkan di wilayah terpencil, GGD akan mendapatkan fasilitas berupa gaji serta tunjangan yang lebih besar dibanding guru pada umumnya. Pasalnya, wilayah penempatannya jauh dari keramaian.

"Yang akan jadi GGD harus siap lahir batin. Karena medan tugasnya lebih berat," ucapnya.

Itu sebabnya Pranata mengimbau kepada seluruh daerah untuk segera mengirimkan kebutuhan GGD-nya melalui e-formasi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB).‎

sumber: JPNN, 20 April 2016

Dan didapat juga sumber informasi tentang perihal:

Program Sarjana Mendidik di Daerah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal (SM-3T) akhirnya mendapatkan kepastian. Melalui pemberitaan yang bersumber dari akun facebook milik Abdullah Pandang tertanggal 11 April 2016, ( Direktur Program Pengembangan Profesi Guru Universitas Negeri Makassar (P3G-UNM) yang menyatakan:


Sore hingga malam ini saya mendapatkan dua informasi yang "menyejukkan" dan tentu saja melegakan. Keduanya berkaitan nasib guru. Yang satu untuk guru dalam jabatan, yang lainnya untuk guru prajabatan.
Pertama, siaran pers dari Mendikbud yang menyatakan pemerintah akan membiayai sepenuhnya sertifikasi guru 2016 melalui PLPG, dan hak ikut PLPG juga dibuka untuk guru rekrutmen 2006 - 2015 (yg sebelumnya diwajibkan ikut pola SG-PPG).
Menindaklanjuti siaran pers tsb, Tim sertifikasi guru di Ditjen GTK sedang menyiapkan draf kebijakan Permendikbud untuk menjadi dasar hukum pola sertifikasi 2016, khususnya untuk membuka ruang bagi guru 2006 - 2015 untuk ikut sertifikasi pola PLPG. Tim juga masih membahas syarat khusus bagi mereka untuk ikut PLPG. Dalam beberapa hari ke depan, Insyaallah syarat tsb sdh bisa kita ketahui.
Kedua, malam ini saya sempat mendengar langsung dari Kasubdit PG Dikmen Kemdikbud, Ibu Reni Yunus, bahwa tahun 2016 ini masih akan dibuka program SM3T Jilid VI untuk 1.000 peserta. Kebetulan program SM3T ini berada di bawah pengelolaannya.
Pembukaan program ini akan segera dirilis pada akhir April ini dilanjutkan dengan seleksi. Direncanakan pengiriman peserta lulus ke daerah tugas lebih cepat dari sebelumnya, yaitu bulan Juli sdh ada di lokasi. Pengumuman resmi mengenai syarat dan ketentuan lain terkait dg program ini akan segera diumumkan lewat web Kemdikbud.

Menarik untuk Dibaca

loading...