loading...

Thursday, May 19, 2016

Pemilihan Rektor UNP1 Diulang

Pemilihan Rektor UNP1 Diulang

Setelah proses pemilihan Rektor UNP hampir rampung, Kemenristek Dikti memerintahkan proses pemilihan diulang dari awal. Dalihnya, terkait persoalan tata tertib dan persyaratan pemilihan

Pe­milihan Rektor Universitas Negeri Padang (UNP) ak­hir­nya diulang. Pengu­la­ngan ini disebabkan ada beberapa ketentuan yang ditolak Kementerian Ristek dan Dikti.

Seperti yang dilansir Haluan, Ketua Pemilihan Rek­tor UNP Prof. M. Zaim, mem­benar­kan bahwa pelaksanaan pe­milihan untuk mengisi kursi UNP 1 yang dijadwalkan 19 Mei 2016 ini harus ditunda. Ditundanya kata Zaim ka­rena adanya surat menteri yang meminta untuk peru­bahan terkait dengan tata tertib dan persyaratan dalam pemilihan Rektor kali ini.

“Seperti tentang tata tertib (Tartib) dalam pe­mili­han yang sebelumnya atas nama rektor itu tidak boleh. Untuk Tartib harus dari persetujuan senat, se­hing­ga harus dirubah,” ka­tanya.

Dilanjutkan Zaim yang juga Dekan Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) UNP ini, selain Tartib ada beberapa persyaratan khusus yang merupakan inisiatif dari UNP terkait dengan syarat pencalonan Rektor juga tidak disetujui Kementerian. Karena untuk persyaratan memang harus mengacu kepada Peraturan Men­teri Riset, Teknologi dan Pendi­dikan Tinggi (Pemen Ristek dan Dikti) Nomor 1 Tahun 2016.

“Jadi, tidak boleh ada pers­ya­ratan tambahan. Karena memang beberapa waktu lalu kita menam­bahkan syarat calon itu harus bebas KKN dan juga ada syarat bagi yang kuliah di luar negeri harus mengabdi terlebih dahulu dua tahun. Itu tidak diterima Kementerian,”ungkapnya.

Untuk perubahan sesuai de­ngan surat Kemenristek Dikti ini pun UNP telah melakukan rapat senat pada Selasa, (17/5) ke­marin. “Kita sudah rapat dan sudah kita rubah lagi sesuai arahan Menteri,”tukasnya.

Dengan beberapa perubahan persyaratan ini ujar Zaim, maka UNP akan kembali menjaring calon rektor dari delapan fakultas yang ada di UNP. Sementara tiga calon yang ada saat ini bisa jadi akan bertambah.

Sejatinya pemilihan rektor UNP hanya menunggu suara dari Kementerian semata. Karena beberapa proses awal yang men­jadi ketentuan pemilihan telah dipenuhi UNP.

Tiga nama yang bersaing pada bursa pemilihan nantinya yaitu, Prof. Dr. Phil Yanuar Kiram yang maju kembali (in­cumbent) dalam pemi­lihan rek­tor dari Fakultas Ilmu Keolah­ragaan, Dr. H. Syamsul Amar, M.S dari Fakultas Ekonomi dan Dr. Yasri, M. S dari Magister Managemen.

Namun, karena perubahan ini jumlah calon yang akan maju dalam seleksi calon rektor UNP bisa saja lebih dari tiga atau bahkan lebih banyak. Karena UNP mulai menjaring dari awal lagi dengan batas waktu satu bulan.

Menanggapi ini, Ketua Alum­ni UNP, Dr.Fauzi Bahar berharap proses pemilihan Rektor UNP bisa berjalan lancar seperti pemilihan sebelumnya. Ia meya­kini proses yang sudah berjalan, jika ada kendala, bisa diselesaikan dengan baik. Siapapun calonnya, dianggap beliau adalah calon yang ber­kualitas.

sumber: http://harianhaluan.com/news/detail/53967/-

Menarik untuk Dibaca

loading...