loading...

Sunday, July 3, 2016

Berkurang Drastis, UNP Ajukan Penambahan Kuota Bidikmisi

Berkurang Drastis, UNP Ajukan Penambahan Kuota Bidikmisi


Pada tahun 2016 ini anggaran untuk bidang pendidikan turun, dan otomatis juga berdampak pada beasiswa. Pada tahun 2016 ini kuota Bidikmisi di Universitas Negeri Padang (UNP) turun drastis.

Berdasarkan surat edaran Direktur Jenderal Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi pada 14 Maret 2016 lalu, ditetapkan kuota bidikmisi 2016 di UNP sebanyak 580 peserta. Hal ini sesuai dengan penetapan awal penetapan daya tampung perguruan tinggi untuk bidikmisi, yaitu sebanyak 10%. Namun, pada surat tersebut juga disampaikan, jika kuota tidak mencukupi, maka universitas yang bersangkutan dapat mengajukan permohonan penambahan kuota.
Berdasarkan hal tersebut, pada 2 Juni 2016 Rektor UNP melayangkan surat permohonan penambahan penerimaan kuota bidikmisi mahasiswa TM 2016 sebanyak 1020 peserta, dengan mempertimbangkan kondisi ekonomi masyarakat Sumatera Barat yang relatif tidak kuat.

Kepala Bagian Kemahasiswaan UNP, Zainur Syafni, SH., MM, mengatakan bahwa pengurangan kuota bidikmisi terjadi karena adanya pengalihan kuota ke beberapa perguruan tinggi baru dan perguruan tinggi swasta. Pengurangan kuota bidikmisi ini tidak hanya terjadi di UNP, tetapi juga diseluruh perguruan tinggi di Indonesia. “Namun, jika dibandingkan tahun lalu yang berjumlah 1600, kuota tahun ini berkurang sebanyak 2/3. Oleh karena itu, UNP mengajukan penambahan kuota 1020 lagi, sehingga sama dengan tahun sebelumnya,” terangnya

Dan kuota Bidikmisi UNP berkurang drastis menjadi 63,75% dibanding tahun sebelumnya seperti yang dilansir oleh Ganto.

Menarik untuk Dibaca

loading...