loading...

Thursday, July 14, 2016

Kiat Adaptasi Jadi Mahasiswa Baru

Kiat Adaptasi Jadi Mahasiswa Baru

Selamat datang mahasiswa baru di kampus Universitas Negeri Padang (UNP).Bagaimana rasanya setelah menyandang status sebagai mahasiswa? Senang dan bangga boleh saja. Tetapi, jangan lupa bersiap untuk menyandang status sebagai mahasiswa baru (maba) mengingat dunia kampus tidak sama dengan dunia sekolah.

Selain sistem dan mekanisme perkuliahan, kehidupan sosial juga menjadi hal yang perlu diperhatikan para mahasiswa baru. Agar momen menjadi mahasiswa baru lebih mudah untuk dijalani, Berikut beberapa tips ini bisa membantu.

Adaptasi

Enggak ada salahnya memperhatikan lingkungan sekitar terlebih dulu, termasuk teman-teman baru yang kamu temui. Dengan begitu, kamu bisa belajar bagaimana cara menyesuaikan diri dengan lingkungan dan jaringan pertemanan baru di kampus. Jangan lupa untuk menjadi sosok pribadi yang menyenangkan agar dapat banyak teman.

Menempatkan diri

Menjadi pribadi menyenangkan di lingkungan baru berarti juga mampu menempatkan diri dengan baik. Misalnya, tidak melulu ingin didengar dan diperhatikan tetapi juga memberi kesempatan kepada teman lain untuk tampil. Kemampuan menempatkan diri dengan baik ini sangat berguna dalam membina hubungan dengan teman. Berpandai-pandailah dalam berteman.

Pergaulan

Jangan batasi diri dalam bergaul. Sebaliknya, perluaslah lingkar pertemanan dengan semua orang. Jaringan pertemanan ini akan sangat berguna, terutama ketika sudah lulus dan memasuki dunia baru sebagai pekerja.

Konsentrasi

Dari segi akademis, konsentrasi menjadi poin utama saat menjalani transisi dari sekolah ke kampus. Pastikan ketika di kelas kamu fokus mendengarkan paparan dosen tentang perkuliahan, mulai dari silabus hingga jadwal tugas dan ujian yang harus dipenuhi.

Aktif berprestasi

Jangan hanya diam selama di kelas. Jadilah mahasiswa aktif, baik untuk bertanya maupun bergabung dalam diskusi. Keaktifan di kelas akan mendorongmu meraih berbagai prestasi di kampus.

Berikut 5 tips sederhana bagi para calon mahasiswa baru. Selamat sekarang teman-teman sudah menyandang status sebagai 'Mahasiswa'.

Menarik untuk Dibaca

loading...