loading...

Tuesday, July 19, 2016

Permohonan Dikabulkan, Kuota Bidikmisi Ditambah

Permohonan Dikabulkan, Kuota Bidikmisi Ditambah

Ada kabar baik untuk teman-teman mahasiswa baru Universitas Negeri Padang (UNP), kuota bidikmisi yang sebelumnya berkurang drastis akhirnya sekarang kuota tersebut telah ditambah hingga 1.160 penerima setelah pihak UNP mengajukan permohonan ke Kemenristekdikti sebelumnya.

Seperti dilansir Harian Haluan (19/7) Kuota Bidikmisi Universitas Negeri Padang (UNP) akhirnya kembali ditambah Kemenristekdikti. Sementara, Universitas Andalas, masih belum mendapat kepastian tentang penambahan kuota. Sebelumnya, kuota Bidikmisi di seluruh perguruan tinggi sempat dikurangi hingga 10 persen dari awalnya 20 persen karena bertambahnya jumlah perguruan tinggi di Indonesia.

“Alhamdulillah tadi per­mohonan penambahan kuota Bidikmisi UNP dikabulkan. Sudah ada surat resminya dari pusat. Besok (hari ini-red) akan kita rapatkan pen­dis­tribusiannya pada masing-masing jalur pene­rimaan (SNMPTN, SBMPTN, dan mandiri),” ujar Kepala Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan UNP, Azhari Suwir, saat ditemui Haluan di ruangannya, Senin (18/7).

Dengan penambahan ini, total kuota Bidikmisi yang diterima UNP mencapai 1.160 penerima atau 20 persen dari total daya tampung 2016. Sebelumnya kuota penerima Bidikmisi UNP 2016 sempat dikurangi menjadi 580 pe­nerima. Meski mendapatkan penambahan kuota, penerima Bidikmisi tahun ini masih kurang dari tahun lalu yang mencapai 1.600 penerima.

Selanjutnya, Azhari men­jelaskan bahwa penambahan kuota tersebut diprioritaskan untuk rumpun ilmu terapan, rumpun ilmu alam, rumpun ilmu formal.

“Meski demikian, tidak tertutup kemungkinan bagi rumput ilmu lainnya men­dapatkan tambahan,” lanjut Azh­a­ri. Azhari tidak me­nam­pik bahwa tambahan kuota Bidikmisi tersebut masih tidak sebanding dengan jumlah pen­daftar Bidikmisi UNP. Dari SNMPTN dan SBMPTN yang sudah dilakukan UNP, ada sekitar 1.900 mahasiswa yang mendaftar melalui jalur Bi­dikmisi. Dari jumlah tersebut, tidak semuanya yang mendapat Bidikmisi. Mahasiswa yang tidak mendapat Bidikmisi ter­sebut akan ditempatkan pada UKT level I atau II, sesuai dengan kondisi ekonominya.

“Mereka juga akan kita prio­ritaskan untuk mendapat beasiswa lain. Caranya sama, mahasiswa mendaftar beasiswa seperti biasa. Bedanya mereka akan diprio­ritaskan untuk men­da­pat­kan beasiswa,” lanjut Azhari.

Adanya penambahan kuota Bidikmisi ini membuat pe­ngumuman penetapan UKT SBMPTN ditunda. Pengu­mu­man yang harusnya dilakukan Senin (18/7), kata Azhari, akan dilakukan hari ini (19/7).

Jadi, terjawab sudah pertanyaan teman-teman kenapa pengumuman UKT SBMPTN ditunda, dikarenakan adanya perihal terkait Bidikmisi. Dan, bagi teman-teman yang sempat mengajukan Bidikmisi semoga diterima dan selamat datang bagi mahasiswa baru ke Universitas Negeri Padang (UNP).

Menarik untuk Dibaca

loading...