loading...

Monday, August 8, 2016

33 Tim Lolos Program Mahasiswa Wirausaha

33 Tim Lolos Program Mahasiswa Wirausaha


Sebanyak 33 tim yang terdiri dari mahasiswa Universitas Negeri Padang (UNP), Sumatera Barat, dinyatakan lolos untuk mengikuti Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) dan akan mendapatkan kucuran modal guna mengembangkan usahanya.

"Tahun ini ada 91 proposal yang diajukan kelompok mahasiswa, namun setelah dievaluasi hanya 33 kelompok yang lolos untuk diberikan permodalan usaha," kata Kepala Bagian Kemahasiswaan UNP, Zainur Syafni.

Ia menjelaskan program mahasiswa wirausaha adalah suatu program yang digagas oleh Dirjen Pendidikan Tinggi (Dikti) untuk dikembangkan ke dalam kehidupan kampus guna merangsang jiwa enterpreneurship (kewirausahaan) dalam diri mahasiwa.

Program ini dilaksanakan setiap tahun pada hampir seluruh universitas negeri dan swasta di Indonesia.

Diharapkan dengan adanya program seperti ini, mahasiswa mampu mengembangkan potensi dan ide kreatif dalam menciptakan lapangan pekerjaan sendiri, sehingga dapat mempunyai pikiran kritis ketika lulus dari perguruan tinggi.

"Yakni bukan saja bagaimana cara untuk mendapat pekerjaan tetapi lebih ke bagaimana cara untuk menciptakan lapangan pekerjaan yang baru," kata dia.

Ia menjelaskan beberapa tahapan yang dilakukan untuk menjalankan program ini. Yakni melakukan sosialisasi PMW kepada mahasiswa, bagi mahasiswa yang berminat bisa membuat dan mengajukan proposal secara berkelompok.

Selanjutnya, proposal yang diajukan kemudian dievaluasi oleh dosen berkompeten dalam bidang kewirausahaan, setelah itu mereka harus mempresentasikan proposal yang mereka ajukan.

Kelompok yang lolos akan memperoleh fasilitas seperti workshop PMW, magang, membuat perencanaan bisnis, dukungan permodalan, dan pendampingan usaha agar tetap berlanjut.

Selanjutnya untuk dana permodalan usaha, kata dia, berasal dari APBN yang besarannya tergantung dari rasional usaha yang dibuat oleh kelompok tersebut.

"Bagi tim yang usahanya berjalan baik, akan ada penambahan modal untuk pengembangan usaha tersebut agar makin berkembang," ujarnya.

Ia berharap ke depan lebih banyak mahasiswa yang ikut program ini agar mahasiswa lebih mampu berinovasi dalam berwirausaha.

Program ini dinilai sangat bagus karena dapat memfasilitasi mahasiswa yang memiliki minat berwirausaha.Selain itu dapat merangsang mahasiswa untuk menjadi wirausahawan sehingga tidak hanya berfikiran menjadi PNS saat selesai kuliah.

Salah seorang mahasiswa UNP, Putra (20) mengatakan sangat tertarik dengan program ini karena akan menumbuhkan jiwa wirausaha di kalangan mahasiswa.

"Meskipun dimulai dari usaha kecil-kecilan, namun mahasiswa juga bisa menjadi wirausahawan sukses dan hebat nantinya jika benar-benar ditekuni," kata dia.

Ia berharap kelompok yang lolos dapat mengembangkan usahanya agar menjadi besar, sehingga dapat membuka lapangan kerja baru untuk dirinya dan masyarakat sekitar.

Menarik untuk Dibaca

loading...