loading...

Friday, August 5, 2016

Anda adalah Mahasiswa Terbaik Dunia, Disini UNP ?

Anda adalah Mahasiswa Terbaik Dunia, Disini UNP ?
ilustrasi

Oleh: Dr. Rahadian Zainul, S.Pd., M.Si.
Dosen Kimia Universitas Negeri Padang (UNP)

Selamat datang mahasiswa baru, saya bangga kalian memilih kampus ini sebagai pilihan, bukan keterpaksaan. Bukan pula pilihan terakhir, apalagi pilihan sebentar, jelang ulang lagi untuk ikut tes SBMPTN tahun depan. Karna, agar bisa masuk UI, ITB, UNPAD, ITS, UGM dan seabrek kampus yang kata orang orang sebagai kampus terbaik di Indonesia. Maaf, untuk alasan terakhir, anda jangan percaya, karna sekali anda yakin mereka lebih baik, maka anda akan tetap menjadi mahasiswa biasa.
Siapa bilang UI, ITB, UGM, UNPAD lebih hebat dari kita? Kapan? Dalam konteks apa? Indikatornya apa? Kemampuan Mahasiswakah? Input? Semuanya bisa dibandingkan, tapi ingat Uji dan Buktikan dulu baru percaya? 

Kalian, adalah generasi baru UNP, sama seperti mereka. Hidup dengan waktu yang diberi jatah sama. 24 jam sehari semalam. Sama lahir di zaman teknologi, dengan percepatan informasi yang nyaris tanpa pembeda walau dalam skala nano detik. Sama bebas mengakses informasi, dan sama memiliki kemampuan berpikir serta sumber daya yang nyaris tak beda. Tahukah anda, bedanya hanya sikap dan pikiran yang keliru telah merasuki kita, bahwa kita tak sehebat dan sekuat mereka. Ini sama sekali tak benar, bahwa sikap yang membodohi diri, membatasi potensi dan mengkebiri prestasi.

Disini, saat anda melangkah kaki di gerbang ini. Ingatlah baik baik! UNP, Universitas Negeri Padang, adalah Universitas Terbaik Dunia, di sini dan mulai saat ini. Tak perlu gengsi atau sungkan bahkan harusnya kalian bangga menjadi bagian perubahan besar di kampus ini, “World Class University”. Katakan kepada siapa saja, saya adalah mahasiswa Universitas Negeri Padang, dan saya memilih dan meyakini, keputusan yang paling berharga dan penting dalam hidup ini, untuk mebuktikan dan menunjukkan kepada dunia akan prestasi dan inovasi yang akan dilahirkan. 

Kita—saya sebagai dosen, anda sebagai mahasiswa baru bertekad untuk berbuat dengan integritas yang tinggi, berkarya tanpa henti, mengerahkan segala potensi serta selalu membawa perubahan dan pikiran positif bagi bangsa dan Negara Republik Indonesia, baik di taraf nasional hingga pentas internasional. Tak ada batas, tak ada pemisah, apalagi pagar bahwa anda hanya di sini. Ingat selalu, Do Locally, Think Globally. Buang gengsi. Buktikan diri bahwa Anda adalah mahasiswa terbaik dunia.

Catatlah dalam relung jiwa, sebait kata filosof, “Anda adalah apa yang anda yakini dan pikirkan. Anda akan menjadi diri anda sejatinya, sesuai dengan apa yang anda bayangkan atau impikan, serta anda terima secara sadar. Sekali memilih keputusan untuk “menjadi” maka segenap jiwa dan raga akan mengupayakan agar gagasan dan pikiran itu menjadi kenyataan”. Pesannya, berhati hatilah dengan persepsi dan anggapan yang dilontarkan orang, termasuk soal kampus kita. Universitas Negeri Padang.

Mahasiwa baru, sebentar lagi kita bertemu. Jalan jalan berliku akan kalian tempuh, seribu satu problema akan menyeruak di kehidupan anda sebagai mahasiswa. Satu hal yang pasti, masa depan anda saat ini adalah keyakinan yang ada dalam diri, imaginasi, pikiran yang akan meluas dan memenuhi energy jiwa dan raga kalian. Saya sudah melewati dan mengalami masa masa lalu, saat saya tahu persepsi di waktu itu membunuh gengsi dan harga diri. Saat itu, IKIP namanya, sejarah balik nama yang tak bisa lari seperti ganti warna, tapi dalam jiwa yang sama. Namun, tembok tembok itu terdobrak jua, kalau anda yakin bisa, seperti berjalan di atas bara yang membara. Ingatlah, Tuhan tak akan pernah membatasi potensi kita. Tuhan tak akan sia sia jalan hidup kita, selagi kita selalu berpikir positif dan penuh keyakinan. You Can If You Think You Can! Anda adalah mahasiswa terbaik dunia, disini UNP! Bravo.

Menarik untuk Dibaca

loading...