loading...

Saturday, August 6, 2016

Hanya Sastra Indonesia UNP Peroleh Akreditasi A Luar Jawa

Hanya Sastra Indonesia UNP Peroleh Akreditasi A Luar Jawa

Program Studi (Prodi) Sastra Indonesia Universitas Negeri Padang (UNP), Sumatera Barat (Sumbar), merupakan satu-satunya Program Studi (Prodi) Sastra Indonesia di luar Pulau Jawa yang memperoleh akreditasi A.

Pembantu Dekan I Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) UNP, Prof. Ermanto di Padang, Senin, mengatakan akreditasi tersebut dikeluarkan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) no 1123/SK/BAN-PT/Akred/S/VII/2016 pada 14 Juli 2016 dengan nilai 362 peringkat A (sangat baik) dan berlaku untuk lima tahun ke depan.

Berdasarkan penusuran melalui website resmi BAN-PT, tidak ditemukan Prodi/jurusan Sastra Indonesia dari perguruan tinggi lain yang memperoleh akreditasi A selain perguruan tinggi di Pulau Jawa.

Ia mengucapkan selamat kepada dosen, mahasiswa, dan alumni Prodi Sastra Indonesia karena dengan usaha mereka sehingga prodi tersebut mendapatkan akreditasi A.

"Akreditasi tersebut didapatkan juga tidak terlepas dari bekerjasama fakultas dengan perguruan tinggi lain dibidang bahasa dan sastra," tambahnya.

Ia mencontohkan kerja sama yang dilakukan seperti kerja sama antara Pusat Kajian Humaniora FBS UNP dengan Program Bahasa dan Kajian Indonesia Deakin University dan Penerbit Angkasa Bandung untuk menyelenggarakan lomba Sastra Aksasra 2016.

Selain itu, lanjutnya, peran sastrawan dari Sumbar juga mempengaruhi dan ditambah dengan seringnya pihak Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia menggelar kegiatan kebahasaan dan kesusastraan.

Ia berharap dengan Prodi Sastra Indonesia memperoleh akreditasi A, maka UNP dapat menjadi patokan dari perguruan tinggi lainnya di bidang sastra setidaknya di Pulau Sumatera.

Meskipun pihaknya tidak bisa memastikan Prodi Sastra Indonesia UNP sebagai satu-satunya Prodi Sastra Indonesia di luar Pulau Jawa yang mendapat akreditasi A, namun ia berharap prodi Sastra Indonesia di perguruan tinggi lain juga berakreditasi A.

Sementara itu, Ketua Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia UNP, Ngusman Abdul Manaf mengemukakan peran dari dosen Program Studi Sastra Indonesia sangat medominasi karena saat ini dari sembilan dosen Prodi Sastra Indonesia, satu telah bergelar profesor dan enam dosen lainnya telah bergelar Doktor.

"Dua orang lagi mengikuti perkuliahan di perguruan tinggi di Pulau Jawa untuk bergelar Doktor sehingga memperkuat prodi tersebut" sebutnya.

Ketua Prodi Sastra Indonesia, Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia UNP, Novia Juita mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang membantu untuk memperoleh akreditasi A tersebut.

"Terutama kepada Prof. Hasanuddin sebagai guru besar sastra UNP yang telah membimbing dosen Prodi Sastra Indonesia sehingga prodi ini memperoleh Akrediasi A," katanya.

Ia mengimbau kepada dosen Prodi Sastra Indonesia untuk terus meningkatkan penelitian baik secara kualitas maupun kuantitas serta kepada mahasiswa untuk lebih berkarya di bidang sastra.

Salah Seorang dosen Prodi Sastra Indonesia UNP, Yenni Hayati, menambahkan akreditasi tersebut tidak terlepas dari peran pihak fakultas, dosen, mahasiswa, serta alumni.

Ia mengimbau kepada alumni Prodi Sastra Indonesia agar nantinya lebih merangkul juniornya untuk membuat kegiatan dan memotivasi mereka sehingga mahasiswa prodi tersebut lebih menghasilkan karya sastra.

sumber: Antara Sumbar

Menarik untuk Dibaca

loading...