loading...

Sunday, August 14, 2016

Menristekdikti Naikkan Akreditasi Guna Dongkrak Mutu Kampus

Menristekdikti Naikkan Akreditasi Guna Dongkrak Mutu Kampus

Sudah saatnya perguruan tinggi meningkatkan akreditasinya. Pasalnya, persaingan kampus di era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) semakin ketat. Tak menutup kemungkinan, perguruan tinggi asing membuka kampusnya di Indonesia.

"Kemungkinan ke depan perguruan tinggi asing datang ke Indonesia. Maka kualitas harus dijaga dengan baik. Diharapkan kompetisi perguruan tinggi di Indonesia semakin baik," ujar Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir di Solo, Jawa Tengah, Selasa (9/8/2016).

Menurut Nasir, untuk mendongkrak kualitas pendidikan di Indonesia, pihaknya akan menaikkan akreditasi beberapa universitas.

"Di periode ini sudah saya perintahkan, kampus mana saja yang bisa diangkat kualitasnya. Dari akreditasi C naik ke B. Begitu pula dari akreditasi B naik ke akreditasi A. Dan yang akreditasi A, kita naikan ke akreditasi dunia," papar Nasir.

Hanya saja, untuk meningkatkan akreditasi, harus ada jaminan mutu peningkatan kualitas pendidikan. Sehingga, sudah waktunya harus dilakukan perbaikan mulai dari internal kampus maupun perbaikan di luar kampus.

Menarik untuk Dibaca

loading...