loading...

Friday, September 9, 2016

UNP Jalin Kerja Sama Dengan Kemendesa

UNP Jalin Kerja Sama Dengan Kemendesa

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Eko Putro Sandjojo mendukung langkah Universitas Negeri Padang (UNP) mengirim 8.000 mahasiswa ke desa-desa di Sumatera Barat. Mahasiswa menurutnya memiliki peran yang besar dalam memajukan desa.

“Membangun desa membutuhkan partisipasi semua stakeholders yang ada di negara ini,” katanya usai memberikan kuliah umum dan penandatanganan nota kesepahaman dengan Rektor UNP, Prof. Ganefri, PhD., Kamis (8/9).

Sebagai calon pemimpin, mahasiswa dinilainya bisa memajukan desa melalui kontribusi turun ke desa-desa. Di sana mereka bisa belajar lebih dekat dengan masyarakat sebelum menamatkan pendidikan.

Rektor UNP dalam acara yang juga dihadiri Gubernur, H. Irwan Prayitno itu berterima kasih, karena Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi mau bekerjasama dalam meningkatkan peran perguruan tinggi dalam mempercepat pembangunan desa atau nagari.

UNP selama ini sebenarnya juga sudah konsentrasi membangun nagari-nagari yang ada di Sumatera Barat dalam program Nagari Binaan. Melalui kerjasama ini nanti, menteri juga akan membantu mengoptimalkan peran mahasiswa yang akan menamatkan pendidikannya di UNP dalam membangun desa.

UNP Jalin Kerja Sama Dengan Kemendesa
kemendesa.go.id
Pada 2017, UNP akan mengirimkan sedikitnya 8.000 mahasiswa ke desa untuk menstimulus pembangunan di desa.

“Ini sebenarnya juga bagian dari tridarma perguruan tinggi, dimana kita tidak saja melaksanakan program pengajaran, tapi juga pengabdian masyarakat,” ujarnya.

Mahasiswa dikirim dalam program Kuliah Kerja Nyata (KKN). Mereka akan berada di desa sekitar satu bulan.

sumber: Harian Singgalang

Menarik untuk Dibaca

loading...