loading...

Saturday, November 5, 2016

Satu Hari Bersama Rektor UNP

Satu Hari Bersama Rektor UNP

Universitas Negeri Padang (UNP) bekerja sama dengan Badan Eksekutif Mahasiswa UNP dan Majelis Permusyawaratan Mahasiswa mengadakan acara Sehari Bersama Rektor bagi Unit Kegiatan Mahasiswa dan organisasi mahasiswa selingkungan UNP. Acara berlangsung di Ruang Serba Guna Fakultas Teknik, Selasa (1/11).

Pada kesempatan ini, Rektor UNP, Prof. Ganefri, Ph.D, membicarakan tentang indikator klasterisasi dan pemeringkatan perguruan tinggi. Ia memaparkan bahwa ada empat kriteria yang dinillai. Pertama, kualitas dosen, dengan persentase 12%. Pada kriteria ini, indikator dan cara perhitungannya adalah jumlah dosen berpendidikan S3/jumlah dosen total, jumlah dosen dalam jabatan lektor kepala dan guru besar/jumlah total dosen, jumlah dosen tetap/jumlah mahasiswa serta jumlah dosen tetap/jumlah total dosen.

Kedua, kualitas manajemen, dengan persentase 30%. Indikator dan cara perhitungan di antaranya dilihat dari akreditasi institusi dan jumlah program studi (prodi) terakreditasi A dan B/jumlah total prodi. Ganefri menjelaskan bahwa saat ini 25 prodi di UNP telah terakreditasi A.

Selain itu, indikator lainnya ialah rata-rata rasio lama studi aktual terhadap lama studi menurut kurikulum pada satu periode pelaporan, rata-rata rasio Indeks Prestasi Komulatif (IPK) aktual terhadap IPK maksimum pada satu periode pelaporan.  

Ketiga, kualitas kegiatan kemahasiswaan dengan persentase 10%. Indikatornya dilihat dari jumlah capaian baik emas, perak, dan perunggu pada PIMNAS serta peserta pada lomba internasional.  Ia menambahkan bahwa sumber bacaan mahasiswa UNP hanya sedikit yang berasal dari jurnal. Terbukti dengan minimnya pengunjung jurnal langganan UNP, yakni di bawah 5%. Padahal UNP telah mengeluarkan biaya hingga ratusan juta untuk berlangganan jurnal tersebut. “Ilmu baru itu ada di jurnal ilmiah,” tegasnya.

Keempat, kualitas kegiatan penelitian, dengan persentase 30%. Indikatornya seperti jumlah dokumen terindeks scopus/jumlah dosen tetap dan jumlah artikel ilmiah terindeks scopus/jumlah dosen tetap. Untuk mencapainya, UNP menganggarkan 15% dana Pendapatan Negara Bukan Pajak digunakan untuk menunjang dana penelitian dan pengabdian masyarakat.

sumber: ganto 

Menarik untuk Dibaca

loading...